Jumat, 10 Oktober 2014

Tips Menjaga Kesehatan Secara Alami

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Karena Kita tahu kesehatan itu sangatlah berharga bahkan dari harta benda sekalipun. Buktinya kalau sudah sakit, Kita tidak segan-segan untuk mengeluarkan banyak uang untuk biaya perawatan dan obat yang harus Kita konsumsi. Maka dari itu bersyukurlah untuk nikmat kesehatan yang sudah Tuhan berikan kepada Kita semua.

Dari paragraf diatas sudah dijelaskan bahwa kesehatan sangatlah penting. Untuk itu perlu adanya tindakan preventif dari Kita sebelum menurunnya kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tidak perlu dengan biaya yang mahal. Banyak hal-hal kecil yang alami yang dapat Kita lakukan dan mungkin sudah menjadi rutinitas Kita setiap harinya. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan secara alami:

1. Konsumsi Air putih
Ini adalah cara alami yang paling murah dan paling mudah untuk dilakukan. Dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya maka dapat melancarkan metabolisme tubuh untuk menjalankan rutinitas. Minum minimal 8 gelas air putih setiap harinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.




2. Makan Makanan Yang Bernutrisi
Tubuh Kita membutuhkan asupan gizi yang cukup setiap harinya. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat alami seperti gandum, kacang-kacangan, pepaya.



3. Rajin Berolahraga
Sempatkanlah olahraga minimal satu kali dalam seminggu. Salah satu jenis olahraga yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengn berlari. Sebuah penelitan menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari.

4. Hindari Rokok & Minuman Beralkohol

Bagi Anda yang sampai saat ini masih menjadi seorang perokok dan pengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Kedua kebiasaan tersebut sangat tidak bagus bagi organ dalam tubuh Kita terutama paru-paru. Asap rokok yang terhisap dan masuk ke dalam paru-paru akan membuat organ ini terkontaminasi oleh zat berbahaya seperti nikotin dan tar. Jika kebiasaan merokok tersebut tidak segera ditinggalkan maka zat-zat berbahaya tersebut akan terus menumpuk dan akan menggagalkan fungsi organ tersebut. Mengkonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak asupan alkohol di dalam tubuh mampu membahayakan lever Kita. Sebab alkohol memicu lever Kita untuk bekerja dengan keras dalam menyaring cairan tersebut. Lever bisa bengkak dan mengandung banyak air di dalamnya. Bahkan sekitar 10-20% penyakit lever disebabkan oleh konsumsi alkohol.

5. Tidur Yang Cukup
Salah satu khasiat yang Kita rasakan dengan kembalinya kesegaran tubuh saat lelah beraktivitas seharian adalah lewat aktivitas tidur. Bukan hanya sekedar rutinitas yang dijalan dalam kehidupan, tidur merupakan kebutuhan harfiah seseorang karena saat tidur itulah seseorang mengistirahatkan tubuhnya dari berbagai beban aktifitas. Istirahat yang cukup akan memberikan waktu pada organ tubuh seperti fungsi otak yang terus berfikir sampai lebih dari 15 jam, otot anggota gerak yang telah bergerak beratus kali dan sebagainya ini, untuk berhenti bekerja sejenak.

6. Selalu Berpikir Positif 
Sikap positif  membantu Kita dalam  mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pandangan yang positif dapat membantu Kita untuk mengatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup Kita jauh lebih baik. Mulailah berpikir positif dengan hal-hal yang terdekat dengan Kita. Misalnya bahwa masa depan Kita akan bahagia walaupun kita tidak mempunyai banyak harta.


Sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan Kita secara alami. Kita sendiri lah yang menentukan apa yang terbaik buat kesehatan tubuh kita. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger