Jumat, 10 Oktober 2014

Penyebab Bau Badan Dan Cara Menghilangkannya

  Seringkali masalah bau badan menjadi persoalan yang sangat mengganggu karena membuat menurunnya tingkat kepaercayaan diri kita. Apalagi saat berada di tempat umum, masalah ini bukan hanya membuat diri kita tidak nyaman tetapi juga orang lain bukan?

  Sebelum kita membahas lebih lanjut tips atau cara menghilangkan bau badan, ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan bau badan sehingga kita dapat mencegah hal tersebut.

  Menurut para dokter, bau badan terjadi karena bakteri yang berkembang secara alami pada kulit bercampur dengan keringat pada saat beraktivitas ataupun pada saat tubuh sedang beristirahat. Salah satu pencegahan yang dapat kita lakukan adalah menjaga tubuh kita agar senantiasa kering untuk mengurangi bakteri tumbuh terutama pada bagian tubuh yang lembab seperti ketiak.

  Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan kita  mudah berkeringat dan menyebabkan bau badan.

  1. Stres
Percaya atau tidak, jika di lihat dari sisi kimia. Keringat itu ada beberapa jenis. Jenis keringat yang sangat bau adalah keringat yang diakibatkan oleh stres. Keringat yang timbul akibat stress adalah keringat yang dihasilkan oleh kelenjar aprocrine.

Kelenjar ini tidak menghasilkan keringat yang terlalu banyak. Akan tetapi keringat banyak sekali mengandung bakteri, lemak dan protein yang menjadi satu. Keringat ini yang menyebabkan bau badan yang paling parah.



 2. Brokoli
Kita mungkin pernah mendengar, jika kita makan bawang putih dan bawang merah berlebihan akan menyebabkan bau mulut dan bau badan. Pendapat tersebut memang benar adanya.

Jika kita mengkonsumsi bawang maka akan menciptakan senyawa yang bisa beredar dalam aliran darah dan bisa keluar melalui nafas, keringat dan urin. Akan tetapi di lain sisi ada beberapa manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan.

Akan tetapi bawang putih atau bawang merah bukan salah satu makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Sayur-sayuran seperti brokoli, kubis dan beberapa sayuran lainnya dapat menyebabkan bau badan.


  3. Kelainan Genetik Yang Disebut Trimethylaminuria
Kelainan ini adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu memecah senyawa kimia yang di sebut trimethylaminuria. Pada ikan trimethylaminuria menyebabkan ikan menjadi bau amis. Sedangkan pada manusia bisa menyebabkan bau badan.






4.  Diabetes
Bila diabetes tidak diobati, tubuh akan mengalami apa yang disebut ketoasidosis diabetikum. Tanpa cukup insulin, tubuh mulai memecah lemak untuk bahan bakar. Akibatnya hal ini alam memicu terbentuknya keton dalam tubuh. Pada akhirnya akan menghasilkan perubahan bau badan.

    

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau badan?


  1. Mandi Secara Teratur
Mandilah setidaknya sekali sehari. Hal ini dapat membatasi berkembangnya bakteri pada kulit kita. Saat mandi fokuslah untuk membersihkan pada bagian ketiak dan kaki. Setelah itu keringkan tubuh, sebab bakteri bisa berkembang kembali pada bagian kulit yang lembab.

   



2. Deodoran Bebas Aluminium
Salah satu cara untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan deodoran yang bebas aluminium. Kita bisa menggunakan deodoran herbal atau deodoran kristal untuk menghilangkan bau badan.

  3. Gunakan Pakaian Dari Serat Alami
Menggunakan pakaian yang terbuat dari serat alami seperti sutra atau katun dapat mengurangi bau badan. Bahan pakaian jenis tersebut dapat membuat kita tidak mudah untuk berkeringat.





4. Ubah Menu Makanan Anda
Beberapa makanan dan rempah-rempah dapat menyebabkan bau badan, seperti bawang putih, bawang merah dan minuman berkafein. Oleh sebab itu, kurangi makanan-makanan tersebut.







5. Cuka
Cuka merupakan antiseptik alami dan dapat membantu membunuh bakteri dan jamur pada permukaan kulit. Gunakanlah cuka pada daerah yang berbau dan keringkan. Hal tersebut dapat menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

  






6. Pertimbangkan Detoksifikasi
Ketika bau badan merupakan indikasi masalah dari dalam tubuh. Menjalankan proses detoksifikasi mungkin adalah cara menghilangkan bau badan yang tepat bagi tubuh. Biasanya kita akan menjalani sesi dalam sauna infra merah yang berguna untuk menghilangkan kotoran beracun yang ada di kulit.








Mudah-mudahan artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam..

2 komentar:

  1. Terimakasih gan wat Infonya...




    "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati diabetes"

    TAHUKAH ANDA?

    Setiap 6 Detik, Satu Orang Meninggal Akibat Diabetes.
    Indonesia Merupakan Peringkat 7 Negara Penderita Diabetes Terbanyak.
    Dan yang Lebih Mengkhawatirkan, 70% Orang Indonesia Tak Sadar Kena Penyakit Diabetes.

    LALU, APA SOLUSI YANG TEPAT UNTUK PENYAKIT DIABETES?

    Silakan klik Link di atas.

    BalasHapus

Powered By Blogger